Aug
24
2019
Untitled Document

 
HOME
SIA
PMB
ALUMNI
BUKU TAMU
DIESNATALIS
 

STMIK Bantua Dua Desa Binaan

2019-07-24 09:05:01

 

SAMARINDA – STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda, dalam rangka Diesnatalis ke- 28 melalui program Hibah Bina Desa telah melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap desa binaan di Kelurahan Makroma dan Kelurahan Sendang Sari yaitu pemberian bantuan dana sebesar 8 juta rupian terhadap 55 Nelayan petambak udang berupa alat penangngkap udang.

“ Dananya tidak terlalu besar namun ini dapat di manfaatkan oleh para nelayan penangkap udang untuk meringngankan beban biaya, hanya delapan juta rupiah,” kata Dr. H. Nursobah, Ketua STMIK Wicida.

Kegiatan ini bukan sampai di situ saja tapi kita memberi bantuan tenaga teknis, serta mendapingi mereka hingga proses produksi dan penjualan hasil produk.

Proses produksi yang di maksud Ketua STMIK adalah para kaum ibu-ibu nelayan Makroman di bimbing bagaimana mengelolah hasih udang tersebut menjadi bahan siap saji dan kemudian di pasarkan ke beberapa kios “ warung”  sekitarnya dan juga ke kios yang ada di kota Samarinda.

Nursobah mengatakan Udang hasil tangkapan para nelayansebagian di pasarkan dan juga di olah menjadi kerupuk udang oleh kaum wanita yang tergabung dalam pengrajin kerupuk udang.

STMIK juga membatu promosi melalui media social dan media online lainnya, sebagai kampus yang bergerak di bidang pendidikan komputer mendukung para nelayan udang untuk pemasaran lewat dunia maya.

Pelaksanaan Program Hibah Bina Desa (PHBD) adalah program yang di luncurkan oleh Kemenristekdikti sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang berpartisipasi dalam program ini. Program ini dapat membuka kesempatan dosen dan mahasiswa untuk berperan aktif dalam pembangunan, melalui program pengabdian kepada masyarakat. Tujuan dari pelaksanaan Program Hibah Bina Desa (PHBD) diantaranya  Menerapkan konsep pemberdayaan masyarakat melalui inovasi teknologi yang dilaksanakan dalam tim kerja yang bersifat interdisipliner dan kolaboratif.

Pajar Pahrudin selaku Ketua Panitia Program Hiba Bina Desa menyebutkan Lingkup bidang Program Hiba Bina Desa meliputi pendidikan, pertanian, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan. Ini salah satu Kegiatan yang diusulkan oleh STMIK Wicida selaku pelaksana dari program Kemenristekdikti. Kegiatan ini bersifat strategis dan berkelanjutan berdasarkan potensi dan identifikasi masalah pada  masyarakat desa binaan. (Humas)

Saran Dan Komentar Anda

' data-width='600' data-num-posts='10'>

 

Copyright © 2008
STMIK WICIDA
All Right Reserved
Untitled Document